Hardfork, Simpan Bitcoin dapat Free Bitcoin Gold?

Bitcoin, bitcoin cash, bitcoin gold?
Terdapat kurang lebih 4 cryptocurrency yang terkait dengan nama bitcoin jika sekelompok kecil miners dan developer melakukan percabangan blockchain bulan ini.
Disebut sebagai sebuah perlawanan, bitcoin gold diharapkan dapat mengikuti rencana peluncuran sebagaimana bitcoin cash-blockchain yang terpisah dari bitcoin sebagai percabangan yang jelas. Ide dari proyek ini adalah untuk memperkenalkan protokol yang semakin baik, yang dapat menantang bitcoin cash khususnya, dan rinciannya semakin jelas terlihat.
Dipimpin oleh Jack Liao, CEO dari perusahaan mining di Hongkong, Lightning ASIC, Bitcoin gold dijadwalkan untuk diluncurkan pada 25 Oktober, sedangkan cryptocurrency dijadwalkan untuk dibuka di exchange pada 1 November.
Meskipun begitu, sementara desas-desus dari event ini mulai menyebar, kepentingan dari proyek ini mulai diperdebatkan. Menyebabkan bitcoin cash memproduksi jaringan network yang jauh lebih kecil, tidak disebutkan cryptocurrency yang bernilai 12% sebagaimana bitcoin pada saat konferensi pers, sebagian besar terlihat memunculkan rancangan sebagai pengalihan dari komunitas yang sudah terbagi-bagi.
Bagi sebagian orang, bitcoin gold terlihat dapat menjadi lebih kecil dibandingkan bitcoin cash. Setidaknya tidak banyak miners yang mendukungnya​.
Dikatakan bahwa Top Founder BTC Jiang Zhuoer dan CEO ViaBTC Haipo Yang – dua jawara awal bitcoin cash- berlebihan jika meremehkan bitcoin gold sebagai sesuatu yang tidak berarti.

‘Terdesentralisasi lagi’
Tetapi sementara mereka yang paham mungkin menjadi skeptis dengan bitcoin gold, ini menjadi tujuan bahwa banyak komunitas mungkin menganggapnya menarik: menciptakan bitcoin yang benar-benar terdesentralisasi.
Terutamanya, developer dibalik network berharap untuk membuka mining untuk lebih banyak partisipan dengan cara mengganti algoritma mining bitcoin dengan kartu grafis. Ide ini adalah untuk miners besar – beberapa figur kontroversial di dalam network- menjadi lebih tidak terkait.
“Bitcoin gold akan melakukan sebuah contoh dari perubahan kerja dari bitcoin SHA 256 ke Equihash, sebuah algoritma rumit memory (ASIC) yang dioptimalisasikan untuk mining GPU” menjelaskan mengenai developer bitcoin gold anonim “the sorrow”
Dengan rencana tersebut mulai dijalankan di China, melanjutkan mining bitcoin, hanya menambahkan lapisan lain ke dalam rencana. Liao, yang hardware miningnya difokuskan pada network litecoin, terlihat sebagai satu dari sedikit suara dalam negeri yang dapat menantang peraturan yang sudah mapan.
Sementara, Liao segera menyebut satu perusahaan mining khususnya, Bitmain, sebagai alasan kenapa banyak user harus mendukung ide ini. Sebuah perusahaan mining yang telah berada di pusat kejadian bitcoin selama setahun kemarin, kritik telah lama diperdebatkan bahwa perusahaan tersebut memiliki banyak pengaruh terhadap network.
Tetap saja, menciptakan network yang tumbuh begitu populer sebagaimana menghapus miners adalah lebih mudah dikatakan daripada dijalankan. Dan beberapa merasa skeptis bahwa ini akan membawa ke tujuan akhir yang diharapkan oleh para pendukung bitcoin gold.
“GPU mining tidak bisa mencegah sentralisasi. GPU dikendalikan oleh Nvidia dan AMD” Zhao Dong, seorang trader cryptocurrency dan investor, berpendapat mengenai rencana tersebut.
Liao, kemudian juga berpendapat bahwa aksesibilitas perusahaan dapat diartikan sebagai distribusi pemisahan kuasa mungkin akan berkembang secara berbeda.
Bitcoin gold yang tidak dikenali.
Lagi-lagi, meskipun pemimpin proyek mengakui banyak rincian disekitar percabangan ini yang masih belum jelas.
Developer utama bitcoin gold “h4x” mengatakan bahwa proyek ini masih “berkembang” dan rincian semisal tinggi blok yang pasti dari percabangan ini masih didiskusikan.
Berdasarkan teks asli dari website, Bitcoin gold merencanakan ICO yang mana 1% dari bitcoin gold akan diberikan pada tim developer, tetapi rincian ini telah dihapus.
Satu hal yang sudah pasti mengenai pendanaan: sebagaimana sifat dari pemisahan, setiap user Bitcoin pada saat ini akan memiliki jumlah bitcoin yang sama berdasarkan privat key masing-masing.
“Ini adalah percabangan yang minimal dari codebase bitcoin core dalam semangat litecoin – hanya beberapa perubahan sederhana” dikatakan h4x.
H4x melanjutkan menjelaskan bitcoin gold dalam perumpamaan yang lebih hidup, berpendapat bahwa akan diuji seberapa baik percabangan ini dan apakah akan bermanfaat bagi ekosistem.
Ia berkata:
“Makhluk hidup memperoleh keuntungan dari menciptakan keturunan. Dengan bitcoin gold kami menyusun sebuah eksperimen untuk melihat apakah prinsip-prinsipnya dipegang dalam dunia blockchain”
Dan kecenderungan ini secara luas searah dengan developer yang sudah memprediksi akan ada banyak lagi percabangan bitcoin yang mirip dengan bitcoin cash di masa yang akan datang.
Setelah bitcoin cash dicabangkan sebelumnya, sebagai contoh, developer Lightning Network, Tadge Dryja berpendapat bahwa beberapa percabangan akan mulai bertumbuh, tetapi untuk alasan lain: uang.
Dengan bitcoin gold yang sedang berjalan, dan percabangan lain dijadwalkan pada November, sepertinya prediksi tersebut pelan-pelan akan menjadi kenyataan.

(sumber: https://www.coindesk.com/first-cash-now-gold-another-bitcoin-hard-fork-way/way/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *